Selamat Datang di " SMA Negeri 1 Serui = Sekolah Literasi "

  • Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Yapen didampingi Pengawas SMA/SMK pada acara Lounching GLS SMA Negeri 1 Serui
  • Kajari Kabupaten Kepulauan Yapen dan Perwakilan Kepolisian Resort Kabupaten Kepulauan Yapen pada acara Lounching GLS SMA Negeri 1 Serui
  • Para Siswa - Siswa SMA Negeri 1 Serui berpose dengan PIN GLS pada acara Lounching GLS SMA Negeri 1 Serui
  • Para Siswa - Siswa SMA Negeri 1 Serui berpose dengan PIN GLS pada acara Lounching GLS SMA Negeri 1 Serui
  • Para undangan orang tua pada acara Lounching GLS SMA Negeri 1 Serui
  • Para dewan guru pada acara Lounching GLS SMA Negeri 1 Serui
  • Para dewan guru pada acara Lounching GLS SMA Negeri 1 Serui
  • Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Yapen menyerahkan hadiah kepada juara lomba puisi dan cerpen pada acara Lounching GLS SMA Negeri 1 Serui
  • Bendahara (Salmawaty) dan Penanggung Jawab Program Gerakan Literasi Sekolah (Fitri H K Devi) pada acara Lounching GLS SMA Negeri 1 Serui

JANGAN MAU KETINGGALAN JAMAN

Pada tahun 2016 tepatnya pada bulan April, seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Termasuk sekolah yang ada di kota Serui ini. Namun tidak semua sekolah di Serui yang ujiannya menggunakan komputer, dikarenakan fasilitas di sekolah tersebut belum memadai.

Pada saat itu hanya SMA Negeri 1 dan SMK YPK saja yang ujiannya berbasis komputer/ujian online. Ujian berbasis komputer/online ini dilaksanakan karena perkembangan teknologi yang sudah semakin canggih.

Jaman sekarang ini sudah canggih, yang dulunya ujian masih menggunakan LJK, sekarang sudah menggunakan komputer, bahkan mau daftar sekolah saja harus online. Telfonan dengan orang yang tempat tinggalnya berbeda dengan kita saja sudah bisa Face to Face (saling bertatapan muka dengan muka melalui telepon genggam).

Jadi buat yang belum bisa menggunakan internet atau komputer, harus banyak belajar lagi, agar tidak ketinggalan sama yang sudah bisa menggunakan internet atau komputer, dan buat yang sudah bisa menggunakannya harus belajar lagi agar ilmu yang sudah kita miliki bisa semakin hebat.

Pada tahun 2017 SMA Negeri 1 Serui akan melaksanakan ujian berbasis komputer/online lagi dan pada tahun 2017 juga Sekolah Menengah Pertama (SMP) juga akan melaksanakannya. Pada tahun 2017 itu angkatannya saya dan teman-teman saya yang akan ujian online. Dan pada bulan November angkatannya saya akan melakukan uji coba menggunakan komputer.

Oh iya, sebentar lagi bulan Oktober akan segera berakhir, dan akan di gantikan dengan bulan November, jadi kami anak kelas XII (dua belas) harus segera mempersiapkan diri untuk mengikuti uji coba menggunakan komputer. Jadi kami harus banyak belajar lagi, agar tidak salah dalam melakukan uji komputer tersebut.

Saya dan teman-teman sangat berharap, mudah-mudahan kami mendapat nilai yang bagus, agar nanti jika ingin mendaftar di universitas yang kami inginkan, kami bisa di terrima nantinya.

Jaringan internet baru masuk di kota Serui itu tahun lalu, jadi cakupannya belum terlalu luas, sehingga ujian online hanya bisa dilaksanakan di daerah kota saja. Meskipun jaringannya belum stabil, tapi jaringannya sudah bisa di gunakan dengan baik. Kadang-kadang baik buruknya jaringan itu tergantung dari cuaca, jika hujan jaringan tersebut akan gangguan bahkan tidak bisa di gunakan sekalipun.

oleh : Sari Anisa Pandu – Kelas 12 Ipa 3