Selamat Datang di " SMA Negeri 1 Serui = Sekolah Literasi "

  • Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Yapen didampingi Pengawas SMA/SMK pada acara Lounching GLS SMA Negeri 1 Serui
  • Kajari Kabupaten Kepulauan Yapen dan Perwakilan Kepolisian Resort Kabupaten Kepulauan Yapen pada acara Lounching GLS SMA Negeri 1 Serui
  • Para Siswa - Siswa SMA Negeri 1 Serui berpose dengan PIN GLS pada acara Lounching GLS SMA Negeri 1 Serui
  • Para Siswa - Siswa SMA Negeri 1 Serui berpose dengan PIN GLS pada acara Lounching GLS SMA Negeri 1 Serui
  • Para undangan orang tua pada acara Lounching GLS SMA Negeri 1 Serui
  • Para dewan guru pada acara Lounching GLS SMA Negeri 1 Serui
  • Para dewan guru pada acara Lounching GLS SMA Negeri 1 Serui
  • Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Yapen menyerahkan hadiah kepada juara lomba puisi dan cerpen pada acara Lounching GLS SMA Negeri 1 Serui
  • Bendahara (Salmawaty) dan Penanggung Jawab Program Gerakan Literasi Sekolah (Fitri H K Devi) pada acara Lounching GLS SMA Negeri 1 Serui

Sepenggal Kisah di SmaNegeri 1 Serui

Namaku Mita Putriana, lahir di Serui pada tanggal 12 oktober tahun 2000..Aku seorang dara keturunan Bugis Makassar. Saat ini usiaku telah menginjak 16 tahun,dan duduk di bangku kelas2 sma. Tempatku bersekolah ialah SMA NEGERI 1 SERUI atau yang biasa di singkat menjadi SMANSA, sebuah sekolah yang sudah tidak di ragukan lagi kualitasnya. Tak di pungkiri lagi bahwa sejak lama Sma Negeri 1 serui telah menjadi sekolah unggulan dan terfavorit, hampir 80% siswa dan siswi yang baru lulus Smp akan berbondong-bondong mendaftarkan diri di sekolah ini. Sedangkan 20%-nyamemilih mendaftar di sekolah lain atau pulang kekampung halaman mereka masing-masing. Untuk menjadi bagian dari Sma Negeri 1 Serui tidaklah mudah, Calon siswa dan siswi harus melewati beberapa tahapan yang cukup melelahkan. Ini adalah sepenggal kisahku sebagai siswi di Sma Negeri 1 Serui sejak awal hingga saat ini.

Pada tahun 2014 lalu, aku telah menamatkan pendidikanSmpku di kota Seruii ni. Namun sebelum mendaftar di Sma Negeri 1 Serui, ayah dan ibuku sempat bertanya padaku mengenai sekolah yang akan kutuju. Kamipun melakukan pembicaraan di ruang keluarga.

“Nak kamu mau melanjutkan sekolah dimana?” Tanya ayah padaku

“Di Sma 1 ayah!” jawabku atas pertanyaan ayah

“Kenapa kamu pilih sekolah itu nak?”sambung ibu padaku

“Karna itu adalah sekolah terbaik yang ada di Serui,dan yang saya tau sekolah itu adalah sekolah dengan disiplin yang ketat. Sekolah yang baik untuk membimbing generasi muda” Jelasku pada ibu atas pertanyaannya. Bagiku itu adalah alasan sederhana untuk seorang pelajar yang mau membangun masa depan agar lebih baik.

Kedua orang tuakusetujuataskeputusanku,karnaituakumendaftarkandiri..Ketikawaktunyatiba,denganmembawaberkaspersyaratanpendaftaran,akupunmenujuSmaNegeri 1 SeruilengkapdenganseragamSmp yang kukenakan..Kuranglebihsekitar 1 minggu proses penyeleksianitu,dansudahtermasukpengumumanhasilseleksi.Seleksi yang di lakukanberupalisandantulisan..Setelahpengumumanhasilseleksi,maka di laksanakan MOS (MasaOrientasiSiswa) yang di lakukanoleh Para guru danOsisdenganmemberikanpenyuluhankepadaparasiswadansiswi yang baru.DahuluSmaNegeri 1 Seruimemilikibeberapajurusan,namunkinihanyatersisa 2 jurusansajayaituIpadanIps.Akulebihmemilihipssebabjurusanitulebihkusukai.SmaNegeri 1 SeruisendirimempunyaibeberapaekstrakurikuleryaituPaskibra,Pramuka,Drumband,danSilat.SmaNegeri 1 Seruisudahseringmenjuaraibanyakajang,halituterbuktidarisekianbanyaknyaPenghargaan yang di terimadantersimpanrapi di dalamsebuahlemarikacabesar.Lemaripenghargaanituterletak di kantorsekolah..

Seminggupertamabersekolahadalahharidimanaterjadinya proses salingmengenalantarasiswa-siswidanparaguru.Seiringberjalannyawaktu,akumendapatkanseorangsahabatbernamacitra yang sekelasdenganku.Kamiseringbertukarpikiran,baikdalamhalpelajaranmaupunhallainnyadan kami sangatmerasasalingcocok.CitramemilihPaskibrasebagaiektrakurikulernya,sedangkanakulebihmemilih Drum Band.Bisa di pastikanbahwaPaskibradan Drum band dariSmaNegeri 1seruiselalumenjadibagiandariupacaraperingatanharikemerdekaan Indonesia dikotaserui.Mungkinkarnahalinijugalah yang melambungkannamaSekolahini.Tidakhanya Drum band,akupunikuttergabungdalam ROHIS yaitusebuahorganisasi di bawahnaungan OSIS yang membidangikerohanian agama islam.Setelahbergabungdenganrohis,akubelajarbanyakhal.Bukanhanyatentangagama,tetapijugatentangcaraber-organisasi.Takterasasetahuntelahberlalu,akupunkinitelahnaiktingkatkekelas 2 sma.Beberapawaktulalu,SmaNegeri1 SeruiterpilihsebagaisalahsatusekolahLITERASIdarisekianbanyaknyasekolah yang ada di serui.Untukmenyukseskancita-citasekolahliterasi,akumemulainyadaridirikusendiridenganmembiasakanmembacabukupembelajaran minimal 15 menitdankegiatanmenanggapibukupengayaansesuaiPermendikbud No.23 tahun 2015.Suatu pagi di dalamkelas,ketikaakusedangmencobamengerjakansoal-soalpengayaan,seorangtemankuyang bernama Ryan datangmenghampiriku.

‘’Kenapahampirsetiappagikamumembacabukupelajarandanmengerjakansoal-soallatihan yang adapada LKS??’’Tanya Ryanpadaku.

‘’Iniadalahperwujudanyang nyatadariseorangsiswaataupunsiswiuntukmenyukseskancita-citamenjadisekolahliterasi” jawabkuataspertanyaan Ryan.

‘’MemangnyakamusudahpahamtujuandarisekolahLiterasi??’’Ryan kembalibertanyapadaku

‘’ Iyasudahtau.Tujuandarisekolahliterasiyaitumenumbuhkembangkanbudipekertipesertadidikmelaluipembudayaan agar menjadipembelajarseumurhidupdanmenjadikansekolahsebagaitamanbelajar yang menyenangkan” Jelaskupada Ryan yang hanyatersenyumsedaritadimendengarpenjelasanku.

‘’oh begituya?’’ ujar Ryan setelahmendengarpenjelasanku

‘’Iyabegitu.Karnaketikaseseorangsudahmemilikibudipekerti yang baikdanmenjadipembelajar yanggiatmakaakantumbuhlahkesadaranterhadapbangsaini’’timpalkuatasperkataannya.

Kemudian Ryan duduk di sebelahkusambilmelihat-lihatpekerjaanku,sesekaliiamembantukuketikaadahalyang kurangkupahami.Secarapribadi,akusangatberharap agar siswasiswi yang kurangperduliterhadapsekolahdanpelajarannyadapatberubah.Karnadarihalkecil yang sering di anggapsepeleitulahakanmenjadipenyesalanterbesar.Itulahsepenggalkisahku,sebuahkebanggaanbisamenjadibagiandarikeluargabesarSmaNegeri 1 Serui.

OLEH:Azizah Hasrul